You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karyamukti
Desa Karyamukti

Kec. Pataruman, Kota BANJAR, Provinsi Jawa Barat

Selamat datang di webiste resmi Desa Karyamukti. Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan.

Mahasiswa UIN SGD Bandung Wujudkan Kampung Baca Buku di Desa Karyamukti: Sebuah Inisiatif Literasi yang Menginspirasi

Administrator 02 September 2017 Dibaca 56 Kali
Mahasiswa UIN SGD Bandung Wujudkan Kampung Baca Buku di Desa Karyamukti: Sebuah Inisiatif Literasi yang Menginspirasi

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sistem Pendampingan Masyarakat (Sisdamas) dari puluhan mahasiswa UIN SGD Bandung yang bertugas di Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, telah berhasil mewujudkan berbagai program kegiatan untuk masyarakat setempat.

Salah satu inisiatif terbaru yang mereka hadirkan adalah Kampung Baca Buku (Kababuk) yang diresmikan pada Kamis (31/08/2017) di Dusun Cigadung oleh Kepala Desa Karyamukti dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kota Banjar. Inspirasi untuk Kababuk datang dari tradisi masyarakat Desa Karyamukti yang menggunakan "Dongdang" sebagai bentuk pesta khas setiap peringatan Hari Kemerdekaan RI.

"Kami ingin menjaga semangat 17 Agustus terus berkobar di sini, jadi kami menciptakan inisiatif untuk mengkampanyekan budaya literasi dengan menggabungkan tradisi masyarakat dengan kegiatan literasi," ungkap salah satu mahasiswa, Danial Iqbal.

Dengan konsep Kababuk, Danial menjelaskan bahwa mahasiswa membentuk kepengurusan dari para pemuda setempat agar kegiatan literasi dapat terus berlanjut setelah berakhirnya program KKN yang berlangsung selama 30 hari.

"Kami menyadari waktu kami terbatas, jadi untuk melanjutkan program ini, kami sengaja membentuk kepengurusan dari warga dan pemuda setempat agar semangat 17 Agustus tetap hidup di Karyamukti," tambahnya.

Ajat Sudrajat, Kepala Desa Karyamukti, menyatakan bahwa Kababuk yang diinisiasi oleh mahasiswa UIN SGD Bandung adalah sesuatu yang istimewa. Program literasi ini bukan hanya yang pertama kali di Karyamukti, tetapi juga merupakan yang pertama kali muncul terkait pengembangan budaya literasi di desa tersebut.

"Jangan dikatakan biasa atau sekadar wacana, ini adalah sesuatu yang luar biasa. Sudah terbukti, dan sekarang tinggal dilanjutkan dan dikembangkan oleh pengurus baru agar pendidikan masyarakat terus maju melalui Kababuk," ujar Ajat Sudrajat.

Sebelum peresmian Kababuk, mahasiswa juga menggelar tabligh akbar di halaman kantor desa dengan penceramah Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, anggota DPRD Kota Banjar, bersama ratusan masyarakat. Gunawan memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN dari UIN SGD Bandung karena telah aktif dalam berbagai kegiatan dan program yang berkontribusi pada peningkatan budaya literasi di masyarakat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image