You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Karyamukti
Desa Karyamukti

Kec. Pataruman, Kota BANJAR, Provinsi Jawa Barat

Selamat datang di webiste resmi Desa Karyamukti. Mohon maaf, website masih dalam tahap pengembangan.

Kababuk: Menginspirasi Minat Baca Melalui Kegiatan Literasi di Desa Karyamukti

Administrator 30 Desember 2017 Dibaca 58 Kali
Kababuk: Menginspirasi Minat Baca Melalui Kegiatan Literasi di Desa Karyamukti

Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, Kampung Baca Buku (Kababuk) di Dusun Cigadung, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar menggelar kegiatan literasi yang mengajak anak-anak sekitar untuk mengisi libur sekolah dengan kegiatan positif. Kegiatan bertajuk Ngalaman (Ngarayakeun Ladang Maca Lobaan) ini melibatkan siswa dari berbagai tingkatan, mulai dari TK/RA, SD hingga SMP.

Kababuk, yang merupakan inisiatif dari para pemuda dan remaja di Dusun Cigadung, telah menjadi wadah inspiratif untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Kegiatan ini mencakup meresensi buku bersama, jalan sehat ceria, serta lomba mewarnai khusus untuk anak-anak TK/RA dan PAUD.

Program Kababuk pertama kali diperkenalkan oleh mahasiswa UIN SGD Bandung saat melakukan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sistem Pendampingan Masyarakat (Sisdamas). Dibuka secara resmi pada 31 Agustus 2017, oleh Kepala Desa Karyamukti dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kota Banjar.

Menurut Aam Amarudin dan penyelenggara kegiatan, Ihin Solihin, kegiatan literasi yang diadakan pada 27 Desember 2017, bertujuan untuk mengisi hari libur anak-anak dengan kegiatan positif dalam bidang literasi. Kababuk, sebagai wadah literasi, berkomitmen untuk terus berkembang demi meningkatkan minat baca masyarakat.

Meskipun koleksi buku di Kababuk terbatas, semangat remaja dan pemuda sekitar tetap tinggi untuk melakukan inovasi guna meningkatkan ketertarikan anak-anak terhadap literasi. Upaya mereka diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak dan remaja di Desa Karyamukti dalam meningkatkan minat baca.

Aam Amarudin menyadari bahwa tingkat minat literasi di wilayah mereka masih perlu peningkatan. Namun, dengan segala upaya yang dilakukan, mereka berharap kegiatan seperti ini dapat membawa dampak positif bagi anak-anak dan remaja di Desa Karyamukti, serta menjadi langkah kecil untuk mencerdaskan bangsa di lingkungan sekitar.

Dengan Kababuk sebagai katalisator, diharapkan minat baca masyarakat semakin meningkat dan cita-cita untuk mencerdaskan bangsa dapat tercapai secara bertahap.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image