Beranda / Berita / Unik, Begini Cara Pemdes Karyamukti Banjar Ajak Warga Ikuti Upacara HUT RI

Unik, Begini Cara Pemdes Karyamukti Banjar Ajak Warga Ikuti Upacara HUT RI

Dalam rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Pemdes Karyamukti Kecamatan Pataruman Kota Banjar menggelar lomba kekompakan, kebersihan dan keunikan antar RT, Rabu (16/08/2017).

HUT RI
Rombongan dari Pemdes Karyamukti saat berkunjung ke salah satu RT. Foto: Muhafid/HR

Dari perlombaan yang digelar tiap tahun di tanggal 16 Agustus, Pemdes Karyamukti beserta para pegawai, lengkap dengan hansip serta kader PKK menyambangi warga di 34 RT yang sudah bersiap menanti di tiap pos ronda.

Pantauan HR Online di lapangan, sebelum rombongan datang ke pos ronda masing-masing, warga terlebih dahulu membersihkan lingkungan mereka, menghias dengan pernak-pernik HUT RI serta menata sejumlah makanan yang akan disajikan ke rombongan. Bahkan, tidak ketinggalan pula puluhan warga di salah satu RT berlatih berhari-hari memainkan alat musik tradisional lengkap dengan para penarinya demi menyambut rombongan.

Sementara itu, makanan yang disajikan untuk rombongan juga terlihat beragam macamnya dan hampir setiap RT memiliki ciri khas masing-masing.

HUT RI
Suasana warga salah satu RT saat menyambut rombongan Pemdes Karyamukti dengan makanan yang disiapkan dan nyanyian yang diiringi dengan musik dari perabotan rumah tangga. Foto: Muhafid/HR

“Kalau lima tempat atau sepuluh tempat biasa, ini 34 tempat semuanya menyediakan makanan yang khusus untuk rombongan dan juga warga. Jadi harus siap-siap kenyang kalau mau ikut acara ini. Bahkan bisa juga bawa kantong kresek biar bisa dibawa pulang,” kata Feri, salah satu pegawai Desa Karyamukti kepada HR Online.

Ia menjelaskan, selain melakukan penilaian terhadap kekompakan, kebersihan serta keunikan di masing-masing RT dalam memeriahkan HUT RI, kegiatan tersebut juga dijadikan moment oleh Kepala Desa untuk mengingatkan warga supaya di tanggal 17 Agustus hadir ke lapang desa mengikuti upacara bendera.

“Ibu, bapak dan semuanya jangan lupa berangkat upacara bendera ke lapang desa. Kita dari pemerintah mengajak semua warga menjaga kekompakan demi kenyamanan dan keamanan bersama, menjaga kebersihan demi kesehatan semua, dan jangan lupa kita ikuti aturan-aturan dari pemerintah,” ucap Ajat Sudrajat, Kepala Desa Karyamukti, saat berkunjung ke salah satu RT.

Dari informasi yang dihimpun HR Online, kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB yang mana rombongan mulai menyisir dari RT terdekat dengan Kantor Desa Karyamukti. Sementara itu, pemenang perlombaan tersebut akan diberikan penghargaan dari pemerintah desa di upacara HUT RI ke-72.

Sumber: harapanrakyat.com

Bagikan ini:

Periksa Juga

Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

Limbah batok kelapa yang selama ini seringkali diabaikan, ternyata jika diolah dengan kreatif bisa  menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.