Beranda / Berita / Situs Budaya Salak Putih Punya Cerita Sejarah Prabu Siliwangi

Situs Budaya Salak Putih Punya Cerita Sejarah Prabu Siliwangi

Situs Budaya Desa Karyamukti “Salak Putih”

Situs Budaya Desa Karyamukti "Salak Putih"

Situs Budaya Salak Putih mempunyai cerita sejarah Prabu Siliwangi. Konon menurut kabar orang tua dulu, “Prabu Siliwangi saat berburu rusa yang mulai awal perjalanan dari Kraton Kawali ke gunung sawal.” Tutur Yayat Hidayat juru kunci Situs Budaya Salak kepada R News, senin (1/10/2018) Dusun Cisirem Desa Karyamukti Kecamatan Pafaruman Kota Banjar Jawa Barat.

Lebih lanjut Yayat menjelaskan, saat nyampai di Gunung Sangkur ini, Prabu Siliwangi kencing diatas sebuah daun, air kencing Prabu Siliwangi tersebut diminum oleh babi hutan, setelah minum air kencing Prabu Siliwangi babi hutan tersebut hamil dan melahirkan bayi perempuan yang diberi nama Dayang Sumbi.
Situs Budaya Desa Karyamukti "Salak Putih"
“Saat Prabu Siliwangi berburu rusa ke Gunung Sangkur, Dayang Sumbi kembali dipertemukan dengan ayahandanya yaitu Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi membawa Dayang Sumbi ke Keraton Kawali, karena pihak Keraton tidak mau mengakui akhirnya Dayang Sumbi dikembalikan kembali ke Gunung Sangkur,” ujar Yayat.
Lanjut Yayat, Salak Putih ini bukan makam Dayang Sumbi, tapi tempat pertemuan Dayang Sumbi dengan bapaknya yaitu Prabu Siliwangi, jelasnya. Yayat menambahkan, keistimewaan Salak Putih diantarnya ialah, pohonnya putih, tidak pernah berbuah, tidak bertambah dan tidak mengurangi. “Dari dulu belum pernah ada yang melihat buahnya, karena belum tentu yang datang kesini bisa melihat buah Salak Putih,” ujarnya.
Sumber: http://republiknews.id

Periksa Juga

Potensi Wisata yang bernama Bukit Pasir Cabe

Desa Karyamukti Mempunyai Potensi Wisata yang bernama Bukit Pasir Cabe

Kota Banjar adalah salah satu Kota di sebelah selatan Jawa Barat Kota Banjar adalah salah …