Beranda / Berita / Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan
foto: http://sabdanusantara.com

Limbah batok kelapa yang selama ini seringkali diabaikan, ternyata jika diolah dengan kreatif bisa  menjadi barang yang bernilai rupiah. Seperti yang dilakukan Herdiana warga Dusun Cigadung RT 04 RW 03 Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Dia membuat kerajinan dari limbah batok kelapa dan bisa menghasilkan jutaan Rupiah.

Pekerjaan ini berawal dari turunnya harga kelapa di pasaran, dari situ tadinya hanya iseng untuk mengisi waktu luang, tapi jadi menghasilkan rupiah, ucapnya.

Herdiana mengungkapkan hasil karyanya dijual dengan harga terjangkau dan pemesanan masih terbatas. Bahan baku dari batok kelapa ini dibuat kerajinan dalam bentuk gantungan kunci, cincin, asbak, teko dan gelas.Untuk cincin dia menjual dengan harga Rp 5000 /pcs, gantungan kunci Rp 15.000 dan paket teko, gelas serta asbak Rp 150.000. ” Harga variatif sesuai dengan tingkat kesulitan,” ungkapnya.

Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan
foto: http://www.voiceofjabar.com

Untuk pembuatan cincin menurut dia dalam satu hari bisa  5 pcs. Untuk gantungan kunci sehari itu bisa membuat 30 pcs dan untuk satu paket teko, gelas dan asbak memakan waktu dua hari.

Menurutnya hasil karya itu baru dijual ke wilayah Pangandaran, Cirebon dan Banjar. Dia mengaku masih terkendala dengan alat, saat ini masih menggunakan alat seadanya untuk membuat semua kerajinan itu. ” Kalau ada yang pesan, baru saya buat. Saya butuh alat supaya bisa membuat lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara PJS Kades Karyamukti Yayat berharap dengan adanya kegiatan Media Saba Desa ini sangat membantu sekali terutama untuk pemasaran yang mempromosikan Desa Karyamukti dengan potensi potensi yang ada.

Selain itu diharapkan pemerintah terutama dari Dinas Perdagangan bisa melihat langsung dan turun memberikan bantuan alat untuk para pengrajin yang ada di Desa Karyamukti. Saya berterima kasih karena tanpa media potensi yang ada di desa ini tidak akan diketahui masyarakat luas,” pungkasnya.

 

Sumber :

http://www.inilahnews.com, http://www.voiceofjabar.com, http://sabdanusantara.com

Bagikan ini:

Periksa Juga

Agustusan Keliling Kampung

Keunikan Agustusan di Desa Karyamukti Banjar

Dalam rangkaian memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, berbagai cara unik digelar oleh hampir semua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.