Beranda / Berita / Bayar Pajak Kendaraan Bisa Di Desa Karyamukti

Bayar Pajak Kendaraan Bisa Di Desa Karyamukti

Upaya meminimalisir pungutan liar (Pungli) serta membantu mempercepat kinerja Dinas Pendapatan terkait hal pajak kendaraan, Kantor Desa Karyamukti Kec. Pataruman, Kota Banjar, membuka outlet Samsat masuk desa (Samades) ditempat tersebut.

samades
foto: radartasikmalaya.com

Kepala Desa Karyamukti, Ajat Sudrajat, saat ditemui “KAPOL”, Rabu, (11/07/2018) mengatakan, adanya oulet samades tersebut untuk menjembatani para wajib pajak kendaraan yang berada dipelosok daerah khususnya warga sekitar semakin dipermudah dengan layanan tersebut.

“Ini adalah kali pertama, Desa yang berada di Kota Banjar memiliki outlet Samades dan baru beroperasi dari pertanggal 5 Juli 2018, kemarin,” ucapnya.

Meski begitu, antusias warga yang membayar pajak kendaraan setiap harinya ada sekitar 5 orang yang datang kesini, karena kami juga menyadari tempat tersebut belum diketahui oleh warga semuanya.

Outlet yang dioperasikan oleh 2 orang dari Polres Banjar serta Dispenda Kota Banjar itu, diharapkan Ajat bisa mendorong pendapatan kas daerah Kota Banjar.

“Alhamdulillah kita bisa bekerjasama dengan Dispenda Provinsi dalam hal ini, (red-Samades), yang dibantu juga oleh pihak Polres Kota Banjar sehingga Samades ini bisa ada di Desa Karyamukti,” tuturnya.

Ia yakin juga dengan adanya outlet ini, selain memperingkas jarak tempuh ke kantor Samsat pusat (red-Banjar) yang berjarak sekitar 17 KM.

Diaana juga tidak perlu antri untuk mengurusi pajak kendaraan, baik roda dua atau roda empat.

“Kami juga membuka bagi siapapun dari daerah lain, yang kebetulan singgah di Desa Karyamukti untuk mengurusi pajak kendaraannya disini, mau konsultasi juga dipersilahkan,” ungkapnya.

Desa Karyamukti yang memiliki 1879 KK atau 5975 jiwa dari 34 RT/ 6 ke-RW-an tersebut, sebagai juara 1 lomba Desa se-Kota Banjar, hingga mewakili kota Banjar ke tingkat Provinsi, ingin mempertahankan kiprahnya dalam pelayanan kepada warga juga ketertiban administrasi.

“Alhamdulillah berkat dukungan dari semua, kita terpilih sebagai juara 1 lomba desa se-Kota Banjar, dan Sabtu besok bakal ada kunjungan dan penilaian dari Pemerintah Provinsi Jabar, dalam keikutsertaan desa kami ditingkat Provinsi,” ujarnya.

Ditempat yang berbeda, Kanit Regident Polres Banjar,
Iptu. Asep Kusmana, SH menuturkan pelayanan Samades sebagai Inovasi dalam pelayanan, sehingga memangkas birokrasi agar lebih efisien dalam segalanya.

“Disana semua orang bisa membayar secara langsung Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ dan pengesahan STNK setiap tahun,” katanya.

Namun, lebih dari 5 tahun harus langsung ke kantor Samsat pusat. Selain itu, kami juga membuka e-Samsat (electronic Samsat) yang pembayaran berbasis online, juga T-Samsat (Tabungan Samsat) yang bekerjasama dengan Bank bjb, sistemnya tabungan (debet), sehingga pada saat pembayaran pajak tidak memberatkan bagi para wajib pajak.

Sumber: kabarpriangan.com

Bagikan ini:

Periksa Juga

Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

Limbah Batok Kelapa Bisa Menjadi Sumber Penghasilan

Limbah batok kelapa yang selama ini seringkali diabaikan, ternyata jika diolah dengan kreatif bisa  menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.